Mobil

13 Komponen Kopling Mobil Lengkap Beserta Fungsi

Kopling sebagai salah satunya komponen yang ada pada mobil manual yang terlentak antara mesin dan transmisi, yang hendak kurangi perputaran mesin saat dilaksanakan peralihan gigi transmisi hingga gigi transmisi bisa masuk secara mudah.

Meskipun kelihatan remeh, tetapi anda harus ketahui beberapa komponen mobil lengkap beserta fungsinya. Hingga satu saat anda bisa menangani bila ada permasalahan tidak tersangka berkenaan kopling anda. Saat sebelum ketahui komponen dan peranan dari kopling silahkan baca persyaratan yang perlu dipunyai oleh kopling. Adapun persyaratan yang perlu dipunyai oleh kopling yakni :

Bisa menyambungkan perputaran mesin ke transmisi
Bisa mengalihkan tenaga mesin ke transmisi
Bisa memutus hubungan daya mesin yang dioperasionalkan

Komponen Kopling Mobil Dan Fungsinya

Berikut akan diterangkan komponen dan peranan dari kopling mobil sistem hidraulis atau disebutkan kopling dengan minyak kopling, minta agar dibaca baik.

Pedal Kopling

Pada Pedal kopling di mana berada di samping kiri dan diinjak memakai kaki kiri dengan bertahap, yang berperan untuk :

  • Atur jarak kopling dengan flywheel atau roda edan
  • Untuk melanjutkan atau putuskan saluran mesin ke sistem pendorong
  • disamping itu pedal kopling mempunyai perawatan khusus supaya mobil anda dapat bekerja dengan optimal.

Selainnya ada perawatan karena itu pedal kopling harus juga anda membersihkan supaya anda mengendari kendaraan berasa nyaman dan aman.

Master Kopling Atas

Peranan dari master kopling atas yakni :

  • melanjutkan penekanan secara perlahan-lahan dari pedal kopling ke master kopling bawah, dalam master kopling ada perapat karet yang menahan agar minyak kopling tidak ada kebocoran dan memuat minyak kopling didalamnya.
    Bila minyak kopling bocor maka mengakibatkan mesin panas dan gigi persneling sulit masuk karena minyak kopling yang menyusut.

Komponen ini harus juga anda lihat, disamping itu anda harus juga menjaga bahkan juga anda bisa juga menukar komponen ini bila alami masalah pada peranan komponen itu.

Master Kopling Bawah

Selainnya master kopling atas, master kopling bawah memiliki peranan yang serupa yakni :

  • untuk melanjutkan tugas dari master kopling atas
  • sesudah master kopling bawah terima penekanan dari master kopling atas lalu akan dilanjutkan ke garpu pembebas atau fork kopling untuk menggerakkan maju dan melepaskan pelat kopling dari himpitan matahari kopling dengan flywheel.

Bila master kopling bawah alami kerusakan, karena itu apa yang hendak terjadi? Karena itu yang hendak terjadi ialah mobil tidak bisa masuk gigi, dan harus menanti mesin itu dingin akan bisa jalankan perannya kembali.

Garpu Pembebas atau Fork Kopling

Adapun peranan dari fork kopling :

  • sebagai satu alat yang disebut penyambung dari release kopling dengan release bearing yang hendak bekerja maju dan mundur.
  • dan yang hendak tekan cover clutch dan akan melepaskan perputaran mesin saat seorang sopir mencapai pedal kopling itu.
  • Karena penggunaan fork kopling secara terus-terusan akan memunculkan keausan hingga memengaruhi pijakan kopling jadi berasa lebih dalam.

Kerusakan pada fork kopling akan mengakibatkan fork kopling tidak bisa menggerakkan release bearing dari flywheel. Hingga untuk membenahi fork kopling yang hancur yakni perlu dengan pergantian release bearing.

Release Bearing Kopling

Release Bearing Kopling sebagai satu bantalan tertutup dengan type pelumas tetap yang memiliki arti tidak bisa dibuka dan dibikin bersih, hingga pada bagian dalamnya tidak dapat dikasih pelumas dan tidak bisa di bedah.

Fungsi dari Release Bearing Kopling tersebut yakni :

  • melanjutkan dorongan dari Fork Kopling ke arah pegas diagfragma di saat kopling diinjak dengan seorang sopir.
  • Langkah kerja release bearing tidak sekedar hanya tekan tapi harus juga berputar-putar.

Oleh karena itu diperlukan material khusus untuk pembikinannya agar tidak cepat hancur. Jika release bearing hancur karena itu yang hendak dirasa oleh sopir yakni berasa pedal kopling bergetar saat pedal kopling diinjak.

Pergerakan release bearing yang keras bisa membuat diagragma patah dan alami keausan. Oleh karena itu dibutuhkan pengecekan secara periodik untuk menghindar keausan pada release bearing.

Cover Cluth

Dalam cover cluth atau umum disebutkan matahari kopling dipasang atau dibautkan dengan flywheel hingga berperan sebagai :

  • dudukan dari pelat kopling lalu tekan pelat kopling ke flywheel untuk melanjutkan tenaga itu dari mesin. Adapun beberapa macam dari cover cluth ada 2 jenis yakni :
  • Cover clutch dengan pegas oil, terbagi dalam pressure plate yang biasanya dibuat dari baja leburan yang diratakan untuk tekan pelat kopling. Pemakaian cover clutch umumnya ada pada bis, truck, dan lain-lain.
  • Cover clutch dengan pegas diagragma, memiliki peranan yakni memberi penekanan pada pelat kopling dan roda penerus.

Pelat Kopling

Wujud dari pelat kopling yakni berbentuk piringan dengan bahan dasar asbes dengan kombinasi logam yang mempunyai perawatan khusus agar tidak cepat aus atau hancur. Karena bila pelat kopling aus akan bau dan jika didiamkan maka terbakar.

Beberapa ciri pelat kopling yang aus atau hancur ialah :

  • Akan berlangsungnya Selip kopling, di mana clutch disc tidak sanggup menyambungkan perputaran mesin ke arah transmisi yang disebabkan jarak di antara ke-2 pelat terlampau lebar.
  • Tarikan mobil kurang, di mana diikuti dengan pengurangan kecepatan mobil hingga tidak bisa jalan secara benar.
  • Rpm mesin jadi tinggi, karena pelat kopling mulai habis hingga Rpm mesin juga makin tinggi dari umumnya.
  • Sulit mengalihkan gigi persneling, sebagai ciri-ciri dari pelat kopling yang telah aus. Karena untuk mengalihkan gigi persneling dengan lancer diperlukan pelat kopling yang bagus dan bisa bekerja yang baik.
  • Peranan dari pelat kopling yakni melanjutkan tenaga dari mesin dari fly wheel ke transmisi. Pelat kopling mempunyai beberapa komponen yang ada di dalamnya, apa komponen itu dan perannya? Berikut keterangan selanjutnya.
  • Clutch Hub, berperan untuk tempat perakitan clutch disc dengan input shaft pada transmisi hingga muncul pergerakan maju dan mundur
  • Disc Plate, sebagai kerangka khusus dari unit clutch disc yang berperan untuk meredam beban kerja dari kopling.
  • Torsion dumper, berperan untuk menahan hentakan di saat kopling menyambungkan atau melanjutkan perputaran. Torsion dumper bekerja untuk pengurangan dan pemercepatan penekanan.
  • Facing, memiliki peranan untuk membesarkan daya gesek hingga perpindahan daya mesin jadi maksimal dan konstan.

Cushion Plate, berperan untuk melembutkan kerja kopling. Paku Keling, atau yang umum disebutkan Rivet berperan untuk menjadikan satu pelat kopling cushion plate.

Cara Menjaga Komponen Kopling Mobil Dengan Benar

Dari beberapa komponen dan peranan yang sudah disebut sebelumnya karena itu di sini akan diterangkan berkenaan langkah simpel untuk menjaga komponen kopling mobil agar lebih tahan lama dan tidak gampang aus. Saat sebelum ketahui langkah menjaga kopling harus dipahami lebih dulu pemicu kopling cepat aus atau hancur, yakni :

  • Tidak menempatkan kaki pada pedal kopling secara terus-terusan di saat mobil pada kondisi meluncur karena akan menyebabkan keausan pada pelat matahari kopling pada clutch cover dan release bearing.
  • Saat lagi ada pada jalan yang naik sebaiknya tidak memakai tehnik 1/2 kopling, karena pelat kopling semakin lebih cepat tipis dan akan berusia pendek. Lebih bagus memakai hand rem atau memakai rem tromol.
  • Tidak melepaskan kopling dengan kasar, karena akan menyebabkan keausan pada pelat kopling, pelat kopling yang tidak rata akan mengakibatkan kopling bergetar.

Adapun langkah simpel yang bisa dibaca seperti di bawah ini:

  • Check dengan teratur master kopling bawah pada kopling karena kerap tertumpu berat beban, dan check terjadi kemungkinan kebocoran minyak kopling
  • Saat terjadi kebocoran pada oli, selekasnya tukar seal crankshaft karena bila didiamkan akan mengakibatkan selip kopling oleh oli.
  • Selalu check penekanan pedal kopling saat diservis, yakni saat kaki anda berasa pegal saat mencapai kopling.

Pemicu dan langkah simpel menjaga kopling sudah dikatakan pada artikel di atas. Seharusnya rawat secara baik kopling anda agar lebih tahan lama serta awet. Hingga anda lebih irit dalam keluarkan bujet servis mobil anda. Mudah-mudahan artikel ini berguna buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button