Intermezzo

Ini Daerah Asal Gymnastic dan Sejarahnya

Gymnastic atau dalam bahasa Indonesia disebut senam adalah salah satu olahraga yang menyenangkan dan tentu saja menyehatkan. Seseorang yang...

Written by Editorial · 1 min read >
aksi gymnastic

Gymnastic atau dalam bahasa Indonesia disebut senam adalah salah satu olahraga yang menyenangkan dan tentu saja menyehatkan. Seseorang yang rutin melakukan senam tentu akan memiliki tubuh yang relatif lebih bugar serta lentur. Tentu, mengetahui seluk beluk tentang olahraga ini termasuk asal gymnastic merupakan hal menyenangkan guna menambah wawasan.

Perlu diketahui, gymnastic atau senam ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, Cina Kuno dan India Kuno. Kegiatan ini, pada masa tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Dalam perkembangannya, gymnastic dipercaya berkaitan erat dengan pendidikan. Oleh karenanya itu, ada filsuf mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Tentu, dengan jiwa yang kuat tersebut, maka pendidikan seseorang bisa diraih dengan lebih baik. 

Sejarah Gymnastic

Istilah gymnastic sebenarnya berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya latihan dengan telanjang. Penggunaan istilah tersebut disesuaikan dengan penerapan latihan yang dilakukan masyarakat Yunani zaman dulu di sebuah tempat bernama gymnasium tanpa mengenakan pakaian.

Selain itu, istilah gymnastic diartikan sebagai gerak badan atau olahraga yang baik dengan tujuan kesegaran jasmani ataupun untuk meraih prestasi yang maksimal. Sedangkan di Indonesia, dalam catatan sejarah, senam atau gymnastic sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan zaman, gymnastic pun mengalami cukup banyak perubahan. Perubahan tersebut bisa dilihat dari bentuk gerakan senam yang lebih bervariasi, sistematika latihan yang jauh lebih kompleks, serta tujuan gymnastic yang lebih beragam.

Lihat pula: Asal Plat Nomor Kendaraan BG

Mengenal Beragam Tujuan Gymnastic

Sebagaimana disinggung di awal, gymnastic merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dan menjadi salah satu cabang olahraga yang resmi. Ada beberapa tujuan kenapa gymnastic dilakukan. 

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membangun kekuatan tubuh
  • Menjaga kelenturan tubuh
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Membentuk tubuh agar lebih ideal
  • Memelihara kesehatan tubuh secara umum
  • Mendapatkan prestasi tertentu

Beragam tujuan di atas tentu sah-sah saja dijadikan acuan untuk melakukan gymnastic. Hanya saja, tentu, tujuan tersebut akan bisa tercapai dengan keseriusan yang dilakukan.

Jenis-jenis Senam

Ada beberapa jenis senam atau gymnastic yang bisa dijadikan acuan untuk melakukannya. Salah satu yang cukup terkenal adalah senam lantai. Jenis gymnastic ini merupakan senam yang semua gerakannya dilakukan di atas matras dengan beberapa unsur, seperti berguling, melompat, berputar dan lainnya.

Selain itu, ada pula senam aerobik. Jenis senam ini adalah sebuah latihan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jasmani secara maksimal. Seseorang yang sering melakukan aerobik akan cenderung memiliki tubuh yang segar dan bugar.

Jenis senam lainnya adalah senam dasar. Seperti namanya, senam ini dilakukan untuk membangun dasar-dasar kesehatan tubuh. Latihan gymnastic dilakukan untuk mendapatkan kekuatan tubuh, kecepatan dan juga ketahanan. Bisa dikatakan jika senam dasar juga disebut sebagai pemanasan untuk melakukan jenis senam lainnya.

Senam ritmik menjadi jenis gymnastic lain yang perlu diketahui. Jenis senam ini cukup menyenangkan karena adanya irama musik yang dimainkan untuk mengiringi gerakan senam. Senam ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka baik dengan ataupun tanpa menggunakan alat.

Nah, beberapa ulasan di atas adalah seluk beluk tentang gymnastic. Sejarah gymnastic yang panjang dan asal gymnastic yang bisa dikatakan cukup kompleks memberikan sebuah pencerahan untuk menjaga kesehatan tubuh. Lakukan jenis-jenis gymnastic yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk mendapatkan tubuh yang bugar.