Modifikasi

Modifikasi Motor Honda CB 200 Full Custom Dari Velg Hingga Rangka

Honda CB 200 merupakan motor jadul yang masih eksis hingga saat ini. Di berbagai kota sendiri, motor keluaran tahun...

Written by Editorial · 1 min read >
hasil modifikasi cb 200 full custom

Honda CB 200 merupakan motor jadul yang masih eksis hingga saat ini. Di berbagai kota sendiri, motor keluaran tahun 70an tersebut punya banyak komunitas besar yang terus berkembang. Hal ini tak lain karena CB 200 memiliki bodi gagah dan mesin yang mumpuni, sehingga banyak yang rela mengeluarkan uangnya demi modifikasi motor ini. Jika Anda salah satu pengguna motor tersebut, Anda bisa melihat modifikasi CB 200 full custom dari velg hingga rangka yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Modifikasi CB 200 Full Custom

Konsep boardtrack banyak diminati oleh para pecinta otomotif karena memiliki desain yang simple namun artistik. Selain membawa kesan yang retro, model ini juga nyaman dikendarai berkat bodinya yang ramping. Pada pembahasan berikut ini, yang dimodifikasi adalah CB 200 produksi tahun 1977. 

1. Rangka Motor

Karena penggunaan konsep boardtrack, maka modifikasi CB 200 full custom dari velg hingga rangka perlu disesuaikan, dan pengerjaan materialnya pun dikustomisasi sedemikian rupa secara manual. Salah satu bagian penting yang memerlukan perubahan adalah rangka CB 200.

Kenapa rangka motor perlu diubah? Hal ini dikarenakan rangka motor tersebut menggunakan besi  berukuran besar. Sehingga jika stylenya ingin diubah ke boardtrack maka rangkanya pun harus diperkecil, misalnya saja dengan menggunakan pipa seamless berdiameter 33mm.

2. Velg

velg custom cb 200
Velg custom CB 200 gaya Klasik

Selanjutnya adalah di bagian velg, supaya CB 200 terlihat semakin keren tentunya dibutuhkan velg yang serasi dengan konsep baru ini. Anda bisa mencontoh penggunaan velg kustom dengan lebar 160cm dan diameter 21 inch ini. Agar terlihat lebih seimbang, antara roda depan dan belakang tentunya harus memiliki ukuran yang sama.

Ban yang cocok untuk velg bergaya klasik tersebut adalah avon speed master dengan ukuran 350. Ban ini sekilas memang terlihat halus, namun kekuatannya cukup bagus untuk digunakan melaju di atas aspal.

3. Suspensi

Honda CB 200 Modifikasi
Honda CB 200 Modifikasi

Hal yang tak kalah penting dalam menunjang bodi motor adalah suspensi. Mempertimbangkan kenyaman dalam berkendara serta menonjolkan kesan retro pada motor, maka pilihan pun jatuh pada spring milik Honda C70. Spring ini dipilih karena tampilan dan ukurannya sangat cocok dengan rangka baru yang berkonsep boardtrack.

4. Lampu

Penerangan pada motor juga dapat memperkuat kesan klasik pada CB 200 yang sudah dirombak ini. Agar rangka bagian atas tidak tertutup, maka digunakanlah lampu depan variasi yang berdiameter sekitar 5-6cm. Dengan ukuran ini, maka motor akan terlihat seperti tidak menggunakan lampu dan hal ini akan mempertahankan bodinya yang ramping. Untuk mengakali bentuknya yang kecil, supaya tetap terang maka sebaiknya pilih lampu dengan watt besar, hal ini akan memudahkan penggunanya saat berkendara di malam hari.

5. Mesin

Mesin CB 200 Modifikasi Custom
Mesin CB 200 Modifikasi Custom

Mesin merupakan jantung sebuah motor, agar performanya tetap terjaga dan dapat digunakan dalam waktu lama maka mesin lawas milik CB 200 perlu diupgrade. Mesin motor ini memiliki kapasitas sebesar 200CC, dan kali ini akan diperbarui dengan mesin berkapasitas 250CC. Kemudian untuk menunjang performanya, seher motor ini pun telah dibore-up, sehingga kecepatan larinya menjadi lebih kencang jika dibandingkan dengan motor lawas lainnya.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai modifikasi CB 200 full custom dari velg hingga rangka. Untuk melakukan modifikasi total seperti ini tentunya Anda membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Selain itu, pengerjaan motor juga harus dilakukan secara perlahan supaya hasilnya lebih maksimal. Jadi jika tertarik ingin memodifikasi motor Anda layaknya CB 200 di atas, maka sebaiknya rencanakan mulai dari sekarang.

jenis aliran modifikasi motor

6 Aliran Modifikasi Motor Terpopuler

Editorial in Modifikasi
  ·   1 min read