Modifikasi

Ini 5 Motor yang Cocok untuk Modif Cafe Racer

Cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang meniru style motor balap jadul. Ciri khasnya ada di...

Written by Editorial · 1 min read >

Cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang meniru style motor balap jadul. Ciri khasnya ada di bagian belakang yang disebut sebagai sarang tawon. Modifikasi ini dibagi menjadi dua jenis yaitu full fairing dan tanpa fairing sama sekali.

Kalau Anda ingin memiliki sepeda motor yang dimodif ala cafe racer, sebaiknya cari bahan yang cocok terlebih dahulu. Di bawah ini terdapat 5 rekomendasi sepeda motor yang paling cocok untuk dimodifikasi dengan aliran cafe racer.

Bahan Motor yang Cocok untuk Modif Cafe Racer

1. Honda CB750

Rekomendasi yang pertama adalah Honda CB750. Namun sepeda motor yang satu ini cukup langka di pasaran. Jika ada, harganya pun tergolong tinggi karena kelangkaannya tersebut. Sepeda motor yang diluncurkan pada 1960 dan diproduksi sampai 2003 ini merupakan superbike pertama dari Honda.

Modif honda CB750 / BX
Modif honda CB750 / BX

Dibekali dengan mesin 4 silinder, motor ini sangat cocok kalau diberi sentuhan cafe racer. Apalagi motor ini juga dilengkapi dengan knalpot ganda di sisi kanan dan kiri yang membuat looknya semakin gagah untuk dijadikan mobil balap zaman dulu.

Bentuk sasis serta sumbu roda pendek juga membuat Honda yang satu ini punya nilai lebih di mata penggemar sepeda motor dan modifikator.

Sayangnya harga sepeda motor ini melambung sangat tinggi. Untuk sepeda motor bekas yang minim modifikasi, harga jualnya bisa mencapai ratusan juta.

2. Suzuki Thunder 250

Kalau bujet Anda minim tak perlu risau. Di pilihan kedua ada sepeda motor yang harganya jauh lebih terjangkau yaitu Suzuki Thunder 250. Dilihat dari body dan mesinnya, sepeda motor ini memang kalah jauh dari Honda CB750.

Suzuki Thunder Modif gaya Bobber

Harganya saja terpaut sangat jauh, Anda masih bisa mendapatkan Suzuki Thunder 250 dengan harga 17 jutaan atau kurang.

Sepeda motor yang satu ini juga cocok untuk Anda yang tidak ingin memiliki kendaraan tahun tua. Pasalnya, Suzuki Thunder 250 saja baru dirilis pada 1999 dan produksinya dihentikan tahun 2005. Jadi, tak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan Thunder 250 tahun muda.

3. Honda GL100

Penggemar motor tua pasti sudah tidak asing dengan sepeda motor Honda keluaran tahun 1979 ini, GL 100. Kendaraan ini punya desain klasik atau jadul memang dari sananya. Sehingga Anda tak perlu mengubah banyak dari bentuknya.

Modif Honda GL100
Modif Honda GL100

Mesinnya juga hanya 100 cc dan tidak terlalu susah untuk diperbaiki apabila ada kerusakan. Meskipun berkapasitas kecil, sepeda ini bisa jadi sangat tampan ketika dimodif cafe racer. Harganya juga tidak terlalu menguras kantong. Dengan dana 30 jutaan saja Anda sudah bisa mendapatkan yang full custom.

4. Honda CB250

Kapasitas mesin GL 100 terlalu kecil? Nah, mungkin Anda harus coba CB250 dari Honda. Sepeda motor ini dilengkapi dengan mesin 250 cc seperti namanya. Versi standar motor ini sudah sangat gagah dengan knalpot ganda.

Gagahnya mesin di motor ini akan sangat cocok dipadukan dengan gaya modifikasi cafe racer. Namun diperlukan dana yang tidak sedikit untuk melakukan restorasi mesin mengingat usianya cukup tua. Anda membutuhkan biaya sekitar 50 jutaan untuk mendapatkan CB250 yang sudah dimodifikasi cafe racer.

5. Yamaha Scorpio 225

Pilihan yang terakhir ada Yamaha Scorpio 225, satu-satunya motor Yamaha yang cocok dijadikan cafe racer. Scorpio 225 terbilang punya desain sasis yang mirip dengan motor-motor cafe racer sehingga modifikator yang perlu melakukan banyak perubahan.

Yamaha Scorpio
Yamaha Scorpio

Anda juga tak perlu melakukan pengubahan di sektor dapur pacu karena performa versi standarnya pun sangat baik.

Kira-kira dari 5 rekomendasi bahan motor di atas, manakah yang akan Anda pilih untuk modifikasi cafe racer? Semua pilihan tergantung dari selera serta bujet yang tersedia.

jenis aliran modifikasi motor

6 Aliran Modifikasi Motor Terpopuler

Editorial in Modifikasi
  ·   1 min read