Intermezzo

Penasaran Cara Daftar Domain or.id? Cek Disini Persyaratannya

Domain or.id merupakan domain ID yang diperuntukkan bagi oranisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis, yang...

Written by Editorial · 1 min read >
cara dapat domain or.id

Domain or.id merupakan domain ID yang diperuntukkan bagi oranisasi sosial, politik, pemuda, kemasyarakatan, perkumpulan, komunitas, himpunan dan sejenis, yang telah memiliki Akta atau SK Internal oranisasi. Sesuai dengan SK PANDI atau Badan Pengelola Domain Internet Indonesia bahwa harga domain akan naik tiga kali lipat per satu Januari 2020.

Maka penting bagi pemilik domain atau badan oranisasi yang hendak mendaftarkan domain .id untuk segera mendaftar atau memperpanjang domain sebelum kenaikan harga. Berikut ini syarat pendaftaran domain or.id yang secara umum berlaku pada setiap hosting .id.

Kartu Identitas

Identitas yang harus ditunjukkan berupa scan KTP Republik Indonesia yang masih berlaku atau Paspor yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia maupun dari negara luar Indonesia. Paspor dapat ditunjukkan apabila anda sebagai pemilik oranisasi atau badan komunitas yang mendaftarkan domain or.id bukan WNI atau warga negara Indonesia. Sehingga tidak memiliki kartu identitas seperti KTP maupun E-KTP.

Surat Hak Merek

Surat hak merek ditunjukkan apabila oranisasi atau himpunan memiliki nama suatu merek atau brand tertentu yang cukup terkenal. Badan atau oranisasi yang hendak mendaftarkan domain dengan ekstensi or.id dapat mendaftarkan domain dengan lebih atau sama dengan lima karakter. Secara umum karakter domain yang ingin didaftarkan dapat menyesuaikan dengan nama badan oranisasi anda.

Ingin dapat promo hosting dari Niagahoster?

Apabila Pendaftar adalah Instansi Penyelenggara Negara, maka nama domain yang akan didaftarkan wajib mengikuti ketentuan dan Ketetapan Menteri yang membidangi Komunikasi dan Informatika. Hal ini dilakukan untuk penyelarasan nama domain instansi penyelenggara negara dan memudahkan penduduk dalam memetakan serta menemukan instansi-instansi tersebut di dalam jaringan internet.

Akta Notaris

Selain dua dokumen di atas Akta Notaris atau Surat Keterangan dari oranisasi yang bersangkutan juga perlu ditunjukkan. Dokumen akta notaris digunakan untuk menunjukkan legalitas badan atau oranisasi yang hendak mendaftarkan domain. Sehingga tidak boleh sembarangan individu atau oranisasi yang mengklaim sebuah badan usaha dapat serta merta mendaftarkan domain tanpa bukti surat legalitas resmi dari notaris.

Surat Pernyataan

Dan yang terakhir untuk mendaftarkan domain or.id adalah Surat pernyataan. Surat pernyataan ditunjukkan atau dicantumkan  apabila nama domain yang akan dibuat tidak sesuai dengan nama oranisasi. Surat pernyataan dapat menggunakan format umum atau format yang sudah tersedia dalam setiap hosting yang menyediakan layanan domain.

Untuk beberapa hosting domain lainnya mungkin akan membutuhkan kelengkapan dokumen lebih tergantung pada kebijakan hosting tersebut. Namun secara umum hosting yang legal dan bekerja secara normal dapat membantu meningkatkan aktivitas dan SEO di dalam website anda dengan harga yang sudah mereka tetapkan.

Untuk domain or.id sendiri merupakan domain dari singkatan oranization menjadi or. Karena ekstensi domain .or diperuntukkan bagi penggunaan website oranisasi, lembaga, ataupun perkumpulan tertentu. Sama halnya seperti COM dan NET, domain akhiran or juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.

Syarat dan ketentuan khusus ini cukup bervariatif tergantung pada platform hostingan yang menyediakan domain. Namun secara umum hostingan yang berlaku di Indonesia harus mengikuti ketetapan PANDI. Sehingga wajar apabila banyak hostingan yang akan meningkatkan harga domain per 1 Januari 2020 mendatang. Maka segera daftarkanlah atau perpanjang domain perusahaan atau oranisasi anda sebelum kenaikan harga berlaku untuk menghemat budget pengeluaran domain oranisasi anda.