Otomotif

Perawatan Mobil Kijang Innova Bensin Wajib Dilakukan

Toyota Kijang sebagai salah satunya mobil minibus terkenal yang berada di Indonesia. Mobil ini telah datang di Indonesia di tahun 1977 dan menjadi satu diantara mobil Toyota yang cukup laku sampai sekarang ini. Ada beragam variasi dan angkatan mobil kijang ini yang mana bisa secara mudah diketemukan di penjuru Indonesia. Tidaklah aneh bila banyak orang yang jadikan mobil kijang sebagai mobil yang pas untuk keluarga.

Tetapi sama seperti dengan beberapa mobil yang lain, mobil kijang ini memerlukan perawatan supaya peformanya selalu terlindungi secara baik. Lantas bagaimanakah cara menjaga mobil kijang yang betul? Berikut beberapa perawatan mobil kijang yang harus dilaksanakan.

9 Perawatan Mobil Kijang Innova Bensin Wajib Dilakukan

Kerjakan Pergantian Oli Secara Teratur

Ini perlu dikerjakan, bahkan juga untuk tiap tipe mobil sekalinya. Oli mempunyai peranan yang cukup penting sebagai pelumas mesin kendaraan. Untuk pergantian periodik, umumnya dianjurkan lebih kurang tiap enam bulan sekali atau sudah capai jarak 10.000 km. Jangn lupa untuk lakukan pergantian oli gardan, umumnya untuk toyota kijang memerlukan sekitaran 3 ltr GL-5 atau Toyota Motor Oil for Differential. Dan untuk oli transmisi memerlukan sekitaran 2 ltr oli. Untuk pergantian oli transmisi dan gardan dilaksanakan tiap capai jarak kelipatan 40.000 km. Janganlah lupa selalu untuk memakai oli mobil terbaik untuk kendaraan anda.

Perawatan Mesin

Poin utama yang penting dilaksanakan dalam perawatan mobil kijang ialah menjaga mesin mobil dengan teratur. Seperti sebuah mesin, baik itu mesin bensin atau diesel memerlukan beberapa penyegaran seumpama menukar ring piston. Tetapi bila boring telah baret, penting untuk lakukan overhaul. Apa lagi bila mobil kijang anda telah berumur delapan tahun ke atas, sudah pasti peforma mobil sangat turun. Untuk ongkos overhaul sendiri sekitar 7-8 juta Rupiah untuk proses overhaul keseluruhan. Bila mobil kijang anda dengan mesin diesel, ongkos yang penting anda mengeluarkan dapat capai 2x lipatnya.

Rajin Memeriksa Busi

Janganlah lupa selalu untuk teratur memeriksa keadaan busi mobil. Kerjakan juga pergantian dengan teratur dan secara periodik. Anda dapat membaca pada buku panduan manual yang diberi produsen mobil.

Memeriksa Keadaan Timing Belt

Janganlah lupa untuk memeriksa keadaan timing belt, minimal apabila sudah capai jarak 40.000-45.000. Bila anda tidak memerhatikan ini, karena itu bisa jadi ada bunyi-bunyi yang mengganggu saat anda menstarter mobil anda. Bunyi ini umumnya ada dari rantai keteng yang mempunyai peranan sebagai timing belt.

Perawatan Mekanisme Pendingin

Selalu rawat mekanisme pendingin mobil anda secara baik. Bila sampai terjadi kerusakan kecil pada mekanisme pendingin, akan lebih bagus untuk selekasnya melakukan perbaikan. Apa lagi bila kerusakan yang terjadi lumayan serius, maka lebih bagus untuk selekasnya membawa ke bengkel.

Pengujian Mekanisme Rem

Mekanisme pengereman mobil sebagai sisi yang cukup penting dalam panduan perawatan mobil, terhitung dalam perawatan mobil kijang. Mengecek beberapa komponen dalam mekanisme pengereman akan menghindar risiko kerusakan yang cukup berbahay pada mekanisme pengereman mobil anda. Apa lagi mekanisme pengereman jadi hal yang memengaruhi keamanan dan keselamatan penumpang dalam mobil.

Check Penekanan Ban Mobil

Beberapa orang yang kadang menyepelakan ini, walau sebenarnya ini sebetulnya penting untuk dilaksanakan. Selalu check penekanan pada ban mobil anda ketika akan dipakai, terlebih bila anda akan memakainya diperjalanan jauh. Ini penting karena akan punya pengaruh pada kenyamanan anda dalam berkendaraan.

Pergantian Kampas Kopling Secara Teratur

Kampas kopling jadi sisi penting dalam mekanisme pendorong kendaraan, terhitung pada mobil kijang. Kopling dan kampasnya berperan untuk menyambungkan di antara mesin dengan pendorong roda. Hingga penting untuk lakukan pergantian kampas kopling secra teratur. Anda dapat ketahuinya dari beberapa ciri kampas kopling mobil habis. Tetapi rerata pemakaian kampas kopling sekitar sepanjang 4-5 tahun. Untuk harga kampas kopling tiap mobil kijang berlainan, misalkan untuk kampas kopling mobil kijang LG mesin diesel capai 350-400 ribu Rupiah.

Selainnya itu wajib untuk lakukan perawatan pada kampas kopling yang membuat keadaan kopling masih tetap tahan lama, diantaranya ialah:

  • Hindari rutinitas mencapai kopling saat memakai mobil
  • Kerjakan peralihan transmisi secara perlahan-lahan dan janganlah sampai menghentak
  • Samakan gigi transmisi mobil dengan kecepatan kendaraan. Tidak boleh memakai transmisi gigi saat kecepatan kendaraan benar-benar lamban.

Mekanisme Elektrikal Mobil

Mekanisme kelistrikan yang diartikan ini ialah di bagian fuel pump yang ada di mesin bensin atau diesel. Rerata mobil kijang telah memakai mekanisme ECU yang diberi electric fuel pum dengan penekanan tinggi.

Tetapi banyak beberapa kasus di mana fuel pump seolah mogok karena kualitas bensin yang dipakai. Ini sering terjadi pada mobil kijang Innova. Hingga perlu dilaksanakan pengurasan bak dan pengecekan fuel line dengan teratur. Untuk pergantian fuel pump sendiri dapat capai nilai 4 Juta Rupiah. Hingga lihat pemakaian bahan bakar untuk kendaraan anda.

Nach itu lah beberapa perawatan mobil kijang yang harus dilaksanakan untuk tiap pemilik kendaraan, sudah pasti perawatan harus dilaksanakan dengan teratur dan periodik hingga peforma mobil anda selalu terlindungi secara baik. Selainnya perawatan yang sudah dilakukan di atas, anda dapat berusaha untuk lakukan servis mobil secara periodik di bengkel-bengkel sah. Mudah-mudahan keterangan di atas bisa berguna buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button