Otomotif

Tips Praktis Bagaimana Cara Merawat Kaca Film Mobil

Memasang kaca film aftermarket yang berkualitas baik, bagi pemilik mobil yang bermukim di daerah iklim tropis seperti Jakarta atau kota mana pun di Indonesia, pastinya sudah merupakan suatu keharusan karena alasan kenyamanan berkendaraan, dan juga privasi. Tapi akan berbeda jika bicara mobil niaga atau public transport. Memasang kaca film aftermarket branded pada mobil niaga tentu tak menjadi keharusan karena jatuhnya malah akan jadi barang mewah (luxury) dan jadi tidak efektif mengingat penggunanya yang bisa dibilang massal. Tidak seperti mobil pribadi yang jauh lebih private.

Memasang kaca film aftermarket yang berkualitas baik (bermerk/branded) akan lebih menguntungkan. Mengapa? Kaca film mobil dengan teknologi terkini (bermerk / branded) bisa dibilang akan lebih efektif, karena untuk urusan perawatannya takkan menyita banyak waktu Anda yang berharga.

Mungkin Anda tidak menyadari, ada hal menarik saat memasang kaca film mobil yaitu sang tinter/pemasang kaca film ternyata menggunakan air sabun biasanya sampo bayi untuk mengepas posisi kaca film. Biasanya jika lem diberi air sabun malah akan mengurangi daya rekat, kan? Tapi dengan teknologi lem yang dimiliki oleh kaca film mobil, air sabun justru akan memudahkan installer kaca film mobil untuk mengepas posisi kaca film yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk kaca mobil.

Setelah kaca film terpasang, dan air sabun dikeluarkan sebisanya dengan menggunakan squeege atau kape plastik. Tinter kaca film akan memberi tahu Anda agar kaca jendela tidak diturunkan selama 2-3 hari. Peringatan tersebut tertera juga pada sticker yang dilekatkan di tombol power window. Agar sisa-sisa air dapat mengering dan kaca film melekat dengan sempurna, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Jangan kaget jika setelah pemasangan kaca film, kaca malah tidak bening atau butek karena itu berarti kaca film mobilnya belum benar-benar kering.

Lewat pengalaman saya sebagai mantan dealer kaca film branded, apa yang disarankan oleh installer itu betul, tapi ada beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu dan saya ingin tambahkan mengenai pemasangan kaca film mobil, berikut ini:

Hal-hal Penting Tentang Pemasangan Kaca Film Mobil

  • Akan jauh lebih baik jika memasang kaca film sejak mobil Anda masih baru. Alasannya adalah agar bagian dalam pintu tidak terlalu kotor. Seiring dipakainya mobil, bagian sela-sela pintu dimana keluar masuknya kaca dan ujung-ujung bertemunya kaca dengan karet akan mengumpulkan kotoran. Akibatnya ketika memasang kaca film, bagian-bagian ujungnya rentan terkena kotoran yang terperangkap di dalamnya. Pada akhirnya akan menimbulkan bercak barupa titik-titik akibat kotoran yang terperangkap pada kaca film.
  • Rasanya memang sayang jika harus melepas kaca film mobil bawaan dealer, tapi tak perlu khawatir, Anda bisa siasati dengan menanyakan merk kaca film bawaan dealer dan tipenya. Setelah itu Anda tinggal main ke toko aksesoris mobil atau toko spesialis kaca film mobil dan survey ke pasar/market kaca film mobil. Dengan begitu Anda jadi tahu kaca film bawaan mobil Anda itu sudah termasuk yang punya kualitas baik yang mana bisa terus digunakan, atau sebaliknya apakah sebaiknya dicopot dan diganti dengan kaca film aftermarket yang lebih baik kualitasnya.
  • Ada suatu kejadian dimana saat saya memasang kaca film baru untuk mobil saya, cuaca tidak bersahabat. Hujan terus hampir semingguan lamanya. Akibatnya kaca mobil kurang terjemur. Yang biasanya harus menunggu 2-3 hari sampai kaca bisa diturunkan, saya lantas memutuskan untuk memperpanjang waktu pengeringan sampai 1 minggu. Padahal saat itu saya masih aktif bolak balik Bandung-Jakarta, pada akhirnya setiap bayar tol dan ambil tiket harus membuka pintu, wah repotnya!
  • Apabila kaca film kotor karena telapak tangan, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan pembersih kaca dan lap microfiber, atau hanya menggunakan air dan tissue saja dengan hati-hati tanpa terlalu menekan permukaan kaca, dan hindari bagian ujung-ujung kaca film dimana kaca film bertemu dengan kaca.

Cara Merawat Kaca Film Mobil Seminggu setelah Pasang Baru dan Selanjutnya

Apabila Anda memasang kaca film branded seperti kaca film 3M, V-Kool, Llumar, Solar Gard, Spectrum, Johnson, Eclipse, CPF, dan lain-lain -yang biasanya memberikan garansi minimal 5 tahun- merawat kaca film akan jauh lebih mudah, karena sudah dari sononya kualitas kaca film dan lemnya sudah sangat baik. Jadi tak perlu takut jika baru 1 tahun kaca film sudah berubah warna atau menimbulkan gelembung-gelembung udara pada kaca film.

Pada dasarnya kaca film mobil bebas perawatan setelah benar-benar mengering. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkannya secara berkala, biasanya dari debu, keringat dari sidik jari atau tangan. Dan bagi Anda yang memiliki anak yang suka berkeliaran di mobil, kaca mobil dan interior mobil bisa jadi akan butuh lebih sering dibersihkan.

Tips Membersihkan Kaca Film Mobil

  • Gunakan pembersih kaca khusus untuk mobil dan pastikan untuk membaca bagian belakang botolnya apakah aman untuk kaca film mobil atau tidak. Jangan menggunakan pembersih kaca rumah karena mengandung amonia dengan kandungan cukup tinggi. Dari pengalaman saya, produk Meguiar’s Detailer Line yang namanya Glass Cleaner pun sebenarnya baunya seperti amonia dan wadah botol sprayer pun berubah warna dari putih bening menjadi agak kuning padahal Meguiar’s Glass Cleaner meng-klaim bahwa produk mereka tidak mengandung amonia. Tetapi lewat pengalaman bertahun-tahun menggunakan Meguiar’s Glass Cleaner pada kaca film Llumar, tidak berubah warna ataupun akhirnya rusak karena mengeras. Jika tidak punya Glass Cleaner pun tidak apa-apa, cukup gunakan air.
  • Gunakan lap microfiber bukan lap chamois karena jauh lebih efektif apalagi dengan menggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk kaca mobil, karena cairan tersebut bisa menguap dan tidak meninggalkan bekas sapuan lap sama sekali. Yang perlu diingat disini adalah jangan mencampur lap microfiber untuk mengeringkan atau kumpon atau juga wax untuk kaca. Karena sedikit banyak biasanya masih akan ada sisa kumpon/wax nya.
  • Gunakan teknik yang baik. Maksudnya semprotkan cairan pembersih kaca pada kaca film lalu ratakan ke ½ area kaca, lalu balikkan lap microfibernya dan sapukan pada area sebelumnya untuk mengeringkan. Dengan teknik ini setiap kaca film akan bersih total tanpa bekas sapuan lap.
    Jangan pernah menggunakan koran bekas karena ini bukan kaca film rumah walaupun kaca film memiliki lapisan scratch resistant, tetapi sebaiknya hanya gunakan koran bekas untuk kaca rumah saja.
  • Merawat kaca film mobil adalah hal yang sangat mudah, jika Anda malas pun tidak akan mengakibatkan apa-apa kecuali bagian kaca bagian dalam yang kotor oleh telapak tangan anak Anda. Namun jika sampai menghalangi pemandangan seperti kaca bagian depan, sebaiknya langsung dibersihkan. Untuk mendapatkan kaca film mobil yang terawat dan bersih hanya cukup luangkan waktu 10 menit dan biasanya bisa digabung ketika cuci mobil dan membersihkan interior.

Incoming search terms:
cara pasang kaca mobil dengan siler
cara meletakan tissue dalam mobil cara merawat kaca film setelah pemasangan
Gimana caranya supaya kaca mobil kita bisa berubah warna
pasang kaca film mobil dikaca depan
perawatan setelah pasang kaca film mobil
tips cara merawat kaca film mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button